Tuesday, September 28, 2010

Universitas Surabaya Maju Terus - Mengenal Ekstension Joomla!


Extensions adalah aplikasi kecil (meskipun bisa besar dan kompleks) yang menambah fungsionalitas pada Joomla! Secara umum, jumlah Extension (ekstensi) sangat banyak yang terbagi menjadi beberapa tipe yaitu: Component, Language, Modulee, Plugins (Mambots), Special, dan Template. Dari beberapa tipe tersebut dapat dibagi lagi menjadi beberapa category. Untuk mengetahui lebih detailnya, silahkan buka http://extensions.Joomla!.org Extension di atas berjalan dan dikelola oleh Joomla!. Anda dapat memasanag, menghapus, dan menentukan status aktif dari suatu ekstensi. Ekstensi pada Joomla! dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan tingkat kompleksitas dan fungsionalitasnya. Beberapa fungsionalitas pada Joomla! merupakan ekstensi yang dipasang sejak awal instalasi Joomla!. Ekstension tersebut dipaket sejak awal karena dinilai memiliki fungsi yang akan berguna bagi situs kebanyakan. Anda akan melihat contoh-conroh ekstensi seperti ini pada penjelasan macam-macam ekstensi.

Component : Ekstensi yang paling besar dan kompleks diantara jenis ekstensi lainnya. Sebuah component mungkin
saja datang dalam dua buah bagian yaitu component bersama dengan module yang berkaitan.
Maksudnya, component mempunyai tampilan di halaman depan yang diatur oleh module dan bisa dikonfigurasikan dari seksi administrasi menu component.

Module : Ekstensi yang lebih ringan dan kecil dari pada component. Ektensi ini digunakan dalam proses penampakan content di halaman. Menu, polling, iklan, dan lain sebagainya mempunyai perwakilan module masing-masing.

Plugin : Ekstensi yang berupa sebuah kode pemograman yang akan mengkonfigurasi beberapa fungsi pada Joomla!. Misalnya, ketika kita menulis artikel di text editor, sebenarnya ada sebuah plugin yang bekerja yakni tinyme. Saat menerima sinyal, tinymce akan mengubah text area yang sederhana tadi mendai rich editor sehingga teks area bisa digunakan untuk menebalkan tulisan, mengatur font, memasukkan gambar dan sebagainya.

Template : Tipe ekstensi yang mengatur tampilan grafis, meliputi warna, grafis dan typography, mendefinisikan karakter huruf , ukuran huruf, background image, pengaturan jarak, dan sekat dari halaman, dengan kata lain, segala sesuatu yang terkait dengan penampilan halaman suatu website.

Language : Tipe ekstensi ini memungkinkan pengguna untuk menginstal bahasa yang dikehendaki.

Menginstall Extensions
Semua tipe ekstensi memiliki cara penginstalaan yang sama. Yaitu dengan masuk menu extension > install/uninstall.
Untuk menginstal ekstensi klik browse > upload file & install. File ekstensi berupa file .zip. Setelah selesai menginstall akan ada peringatan dari Joomla! apakah file ekstensi sukses terinstall atau tidak. Kadang juga bergantung kepada ekstensi pihak ketiga. Anda juga akan diperlihatkan tambahan lagi perincian atau pengaturan ekstensi.


Sumber : ECOMAGZ Indonesia
Diposting oleh : universitas surabaya maju terus

No comments:

Post a Comment

Submit Express Inc.Search Engine Optimization Services