Saturday, September 11, 2010

Universitas Surabaya Maju Terus - Keystroke Level Model (KLM)

KLM merupakan bentuk model GOMS tingkat terendah yang hanya memberikan prediksi untuk kegiatan pada tahap berikutnya.

Langkah – langkah pengaplikasian KLM:
  • Pilih satu atau beberapa proses yang ingin kita lakukan.
  • Mengecek apakah proses yang dipilih ini akan menggunakan KLM atau tidak.
  • Untuk setiap proses, tentukan cara terbaik untuk melakukannya, atau cara untuk mengasumsi user agar menggunakan cara tersebut.
  • Daftar langkah KLM dan operator – operator yang sesuai yang selama pengerjaan proses tersebut,
  • Jika memungkinkan, masukkan juga operator yang membuat user harus menunggu respon dari sistem.
  • Masukkan mental operators selama user harus berhenti dan berfikir.
  • Tingkatkan waktu eksekusi standar untuk setiap operator.
  • Jumlahkan waktu eksekusi semua operator.
  • Total waktu seluruh operator itu adalah kalkulasi waktu pengerjaan proses tersebut.

Berikut adalah operator standar yang akan digunakan dan kalkulasi waktu setiap operator:
  • K untuk keystroking (0,12 – 1,2 detik; 0,28 detik  adalah rekomendasi untuk user pada umumnya)
  • T(n) untuk pengetikan beberapa tombol secara bersamaan (banyak tombol * K)
  • P untuk pointing -menggerakkan mouse atau sejenisnya ke target yang dituju- (1,1 detik)
  • B untuk menekan tombol mouse (0,1 detik)
  • BB untuk mengklik tombol mouse (0,2 detik)
  • H untuk homing, yaitu perpindahan tangan antar mouse dan keyboard (0,4 detik)
  • D untuk menggambar garis dengan mouse (waktunya berbeda - beda)
  • M untuk persiapan mental untuk tindakan fisik (0,6 detik – 1,35 detik, umumnya: 1,2 detik)
  • R / W untuk menunggu respon sistem (dapat diabaikan jika user tidak perlu menunggu untuk itu). Waktu tergantung dari sistem.

Contoh proses KLM:

Menghapus File

Langkah – langkah dan operator yang digunakan:
  1. Mengarahkan ke ikon file yang dituju (P)
  2. Menekan dan memegang mouse (B)
  3. Mendrag file ke ikon pembuangan (P)
  4. Melepaskan mouse (B)
  5. Mengarahkan ke window kembali (P)

Waktu yang digunakan dalam proses = P + B + P + B + P
                                                        = 3P + 2B
                                                        = (3*1,1) + (2*0,1)
                                                        = 3,5 detik

 Diposting oleh : universitas surabaya maju terus

No comments:

Post a Comment

Submit Express Inc.Search Engine Optimization Services