Wednesday, September 22, 2010

universitas surabaya maju terus - Bagian Utama Joomla

Salah satu fitur Joomla! adalah pemisihan frontend dan backend sehingga dengan mudah dapat mengatur dan mengelolanya. Interface website disajikan pada frontend, sedangkan semua administratif dan tugas manajemen tersisa pada backend. Beberapa tugas manajemen umum, pemeriksaan naskah, mengirim artikel juga yang dapat diakses dari frontend.
Tugas pemilik adalah mengelola content yang akan ditampilkan di halaman depan melalui backend.
Untuk masuk ke backend silahkan buka http://localhost/website/administrator. Setelah itu masukkan username “admin”dan gunakan password yang Anda buat saat melakukan instalasi.
Sekilas mengenai backend
Saat pertama kali masuk ke bagian backend, anda akan disambut oleh icon-icon control panel. Icon-icon ini merupakan jalur cepat menuju fungsi-fungsi yang sering dikunjungi.
Toolbar yang sering dijumpai, dan hampir sama fungsinya. Sebagai contoh, icon dibawah ini dari bagian artikel manager.
Isi username dengan “admin”, dan password yang Anda buat tadi.

Menu Bar
Control Panel
Bagian Frontend

Di bawah adalah struktur dari frontend Joomla!.

Disebelah kiri, kita dapat melihat terdapat beberapa buah menu. Main Menu adalah pusat dari navigasi situs. Link Home pada menu item paling atas merupakan sambungan untuk kembali ke halaman pertama. Menu ini akan terlihat pada posisi yang sama di setiap halaman dari situs. Di bagian atas Anda dapat melihat Top Menu. Top Menu di buat sebagai jalan cepat untuk memasuki halaman-halam yang paling penting dari situs. Mungkin Anda akan menaruh sambungan ke profil, portofolio, event, dan sebagainya. Di bagian bawah terdapat content. Content adalah inti dari sebuah website, dapat berupa berita, galeri foto, artikel dan lain-lain. Content adalah factor utama yang menentukan apakah situs Anda akan ramai dikunjungi atau tidak. Di bagian atas terdapat Latest News, di sini merupakan artikel yang terakhir dibuat. Sedangkan popular adalah artikel yang mempunyai hits tertinggi. Pada dasarnya bagian kanan atau bagian kiri tersusun dari module-module yang dikendalikan oleh component. Untuk lebih jelas mengenai modulee dan component akan dipelajari di chapter selanjutnya.

News Flash
Top Menu
Search
Selected News
Main Menu
Content
Resources
Online
Key Concepts
User Form
Advertisement
Banner
Footer
Powered by Joomla!
RSS Syndication

Sumber : ECOMAGZ Indonesia
Diposting oleh : universitas surabaya maju terus

No comments:

Post a Comment

Submit Express Inc.Search Engine Optimization Services