Disini dibutuhkan proses latihan yang rajin, terus-menerus, trial & error serta tekun dan gigih untuk mendapatkan “sense” dan “feeling” terhadap komposisi bentuk yang diinginkan nantinya.
Langkah - Langkahnya:
1. Buat sebuah Box dengan komposisi seperti tampak pada gambar dibawah.
![3dsmax](http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3d28/3dmax-studio_28_clip_image002.jpg)
2. Pada Tab Modify, atur dengan parameter seperti pada gambar
![3dsmax](http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3d28/3dmax-studio_28_clip_image002_0000.jpg)
3. Masih di Tab Modify, klik objek Box tersebut lalu klik kanan mouse dan pilih Editable Poly.
![3dsmax](http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3d28/3dmax-studio_28_clip_image001.jpg)
4. Buka tanda plus berwarna hitam disebelah tulisan Editable Poly
![3dsmax](http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3d28/3dmax-studio_28_clip_image002_0001.jpg)
5. Pilih Viewport Front (atau Viewport pada tampilan layer computer Anda yang menampilkan posisi objek seperti tampak pada gambar dibawah). Ubah posisi Vertex-vertex-nya seperti tampak pada gambar dibawah
![3dsmax](http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3d28/3dmax-studio_28_clip_image002_0002.jpg)
6. Atur juga posisi Vertex-vertex yang lainnya seperti gambar dibawah
![3dsmax](http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3d28/3dmax-studio_28_clip_image002_0003.jpg)
6. Pilih opsi Edge
![3dsmax](http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3d28/3dmax-studio_28_clip_image002_0004.jpg)
8. Pilih garis dibagian tengah, seperti yang terlihat pada gambar dibawah
![3dsmax](http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3d28/3dmax-studio_28_clip_image002_0005.jpg)
9. Klik kotak kecil disamping tombol Connect
![3dsmax](http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3d28/3dmax-studio_28_clip_image002_0006.jpg)
10. Biarkan pilihan pada angka 1 dan klik tombol OK
![3dsmax](http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3d28/3dmax-studio_28_clip_image002_0007.jpg)
11. Akan terbuat sebuah garis baru (seperti tampak pada gambar).
![3dsmax](http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3d28/3dmax-studio_28_clip_image002_0008.jpg)
12. Pilih opsi Vertex dan atur objek Box menjadi seperti tampak pada gambar.
![3dsmax](http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3d28/3dmax-studio_28_clip_image001_0000.jpg)
13. Pilih garis-garis seperti terlihat pada gambar
![3dsmax](http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3d28/3dmax-studio_28_clip_image002_0009.jpg)
14. Lakukan pilihan Connect kembali dengan nilai 1
![3dsmax](http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3d28/3dmax-studio_28_clip_image002_0010.jpg)
15. Atur Vertex-vertex Box menjadi seperti berikut
![3dsmax](http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3d28/3dmax-studio_28_clip_image002_0011.jpg)
16. Buat kembali garis baru dengan posisi seperti terlihat pada gambar
![3dsmax](http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3d28/3dmax-studio_28_clip_image002_0012.jpg)
17. Pilih Vertex-vertex seperti tampak pada gambar
![3dsmax](http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3d28/3dmax-studio_28_clip_image001_0001.jpg)
18. Klik tombol Select and Scale
![3dsmax](http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3d28/3dmax-studio_28_clip_image002_0013.jpg)
19. Geser sehingga bentuknya menjadi seperti berikut
![3dsmax](http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3d28/3dmax-studio_28_clip_image002_0014.jpg)
20. Atur bentuk objek seperti tampak pada gambar
![3dsmax](http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3d28/3dmax-studio_28_clip_image002_0015.jpg)
21. Atur kembali posisi Vertex-vertex-nya sehingga menjadi seperti terlihat pada gambar
![3dsmax](http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3d28/3dmax-studio_28_clip_image001_0002.jpg)
22. Diperlukan kreasi dan “feeling” Anda terhadap komposisi bentuk untuk mendapat hasil akhir sebuah bentuk yang tampak ideal. Anda perlu melakukan proses latihan yang terus menerus untuk mendapatkan “feeling” dan “sense” yang tepat bagi Anda
![3dsmax](http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3d28/3dmax-studio_28_clip_image001_0003.jpg)
23. Setelah diutak-atik Vertex-vertex-nya kesana kemari (tweaking), dihasilkan sebuah bentuk seperti pada gambar berikut
![3dsmax](http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3d28/3dmax-studio_28_clip_image002_0016.jpg)
24. Tambahkan Modifier Meshsmooth pada objek Box tersebut. Berikan nilai 2
![3dsmax](http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3d28/3dmax-studio_28_clip_image002_0017.jpg)
25. Tambahkan dengan pencahayaan Skylight & Light Tracer, lalu lakukan Render. Selamat Berlatih
![3dsmax](http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3d28/3dmax-studio_28_clip_image002_0018.jpg)
Sumber : http://www.ilmugrafis.com/3dmax-studio.php?page=modeling-kaki-cartoon
Diposting oleh : universitas surabaya maju terus
No comments:
Post a Comment